Jakarta (ANTARA News) – PT Garuda Indonesia akan membebaskan para penumpangnya untuk menggunakan telepon seluler di atas pesawat pada 2010.

“Kami bebaskan penumpang berponsel, 2010 nanti ketika 10 pesawat terbaru, Boeing 777 kami sudah datang,” kata Direktur Operasi Garuda, Capt. Arie Sapari menjawab pers di sela Penandatanganan Kerjasama denga PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) di Jakarta, Kamis. Namun, Arie tidak bisa memastikan, apakah kemajuan teknologi tersebut, juga diiringi dukungan regulator. “Pesawat canggih, tapi pemerintah tak ijinkan, ya percuma kan?,” katanya. Oleh karena itu, ia mengemukakan, kebijakan itu harus didukung pihak terkait. “Kami sebagai operator siap saja,” katanya. Terkait dengan kerjasama itu, Direktur Commerce XL, Joy Wahyudi menjelaskan, dengan demikian, Garuda adalah pelanggan korporat baru XL

XL, katanya, berkomitmen menyediakan layanan telekomunikasi bagi seluruh karyawan Garuda mulai dari Push SMS, Pull SMS, dan International Roaming.

“Melalui layanan ini, Garuda dapat terbantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas penyebaran pesan korporat,” katanya. Melalui layanan ini juga, tambahnya, para awak pesawat Garuda Indonesia akan lebih mudah dalam mengakses berbagai informasi dari perusahaan. Garuda hingga saat ini tercatat sebagai BUMN Penerbangan terbesar di Indonesia dengan mengoperasikan 51 pesawat aneka tipe dan melayani 22 kota tujuan domestik dan 19 kota internasional.

Disadur Antara.co.id